Rabu, 08 Desember 2010

Internet Sehat Bikin Hebat - Pengontrolan bukan Penghapusan

Dewasa ini, Internet semakin tidak dapat dilepas dari kehidupan kita. Hampir tiap hari kebanyakan orang mengakses Internet. Internet adalah sumber informasi yang sangat luas ruang lingkupnya. Tidak ada batasan, mulai dari Social Network seperti Facebook dan Twitter, media Nge-Blog gratis ( blogspot, dagdigdug, wordpress, kompasiana, dll), berbagai e-mail (yahoo, gmail, plasa, dll), Youtube, dan berbagai fasilitas-fasilitas lain yang dapat diakses melalui Internet. Berbagai macam ponsel hampir semuanya ada fasilitas internetnya. Sehingga semakin mudah untuk mengakses internet dimanapun dan kapanpun.

Perkembangan Internet semakin pesat dan menimbulkan dampak positif maupun negatif. Yang sering disoroti adalah masalah media Sosial Network banyak dampak negatif dan banyak pula positifnya. Kasus-kasus hilangnya remaja karena teman yang dikenalnya lewat media sosial network semakin banyak terjadi. Mulai dari kalangan artis sampai kalangan masyarakat biasa pun hal itu telah terjadi dan dapat pula semakin banyak korban lagi. Namun di sisi lain media social network juga banyak manfaatnya. Seperti penggalangan dana bencana alam, media demokrasi untuk memprotes ketidakadilan sampai media bisnis/jual beli. Sekarang ini yang perlu dilakukan adalah controlling, dengan membudayakan Internet Sehat, bukan menghapus segala media itu. Langkah-langkah nyata yang harus dilakukan misalnya :

1. Pengawasan orang tua terhadap anak-anaknya dengan tidak melarang untuk mengembangkan diri dengan media social network dan akses internet.

2. Perlunya sosialisasi bagaimana membiasakan budaya Internet yang sehat. Membangun dan mengembangkan ide kreatif sesuai norma-norma yang berlaku tetap berlandaskan Pancasila dan UUD ‘45

3. Sebenarnya yang terpenting adalah menumbuhkan kesadaran diri sendiri untuk melakukan controlling dalam mengakses intenet.

4. Tidak hanya aktif di social network tapi juga bisa memanfaatkan media blog untuk pengembangan diri. Sekarang ini banyak yang menyediakan media blog gratis (blogspot, dagdigdug, wordpress, kompasiana, dll). Dari sana kita dapat menuangkan ide-ide kreatif serta dapat mengenal kawan-kawan Blogger lain untuk bisa sharing.

Itu adalah sebagian kecil cara untuk membiasakan budaya Internet sehat dan masih banyak lagi langkah-langkah pasti yang bisa dilakukan. Stop Pornografi! Go Blogging !

sumber : http://oelfahct.blogdetik.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar