Kamis, 23 September 2010

Prodi Ilmu Komunikasi (UMBY)

Photobucket
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media terrtentu untuk menghasilkan efek /tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik. (auvie)

* Komunikasi Interpersonal: komunikasi dalam diri
* Komunikasi Transendenta: ex. Komunikasi dengan Tuhan
* Komunikasi Organisasi: ex. Humas APMD mengadakan jumpa pers

Tujuan komunikasi adalah untuk membangun/menciptakan pemahaman/pengertian bersama saling memahami tidak harus menyetujuui.

Sementara pengertain dari (bisa diartikan) Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari berbagai aspek-aspek Komunikasi dan prakteknya.Ada banyak sekali pengertian komunikasi yang sebenarnya mempunyai arti/makna yang hampir sama antara lain :

* Menurut Onong Cahyana Effendi, Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu, mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun tidak langsung (melalui media)
* Menurut Harold Laswell, Komunikasi adalah gambaran mengenai siapa, mengatakan apa, melalui media apa, kepada siapa, dan apa efeknya.
* Raymond Ross, Komunikasi adalah proses menyortir, memilih, dan pengiriman simbol-simbol sedemikian rupa agar membantu pendengar membangkitkan respons/ makna dari pemikiran yang serupa dengan yang dimaksudkan oleh komunikator.
* Gerald R. Miller, Komunikasi terjadi saat satu sumber menyampaikan pesan kepada penerima dengan niat sadar untuk mempengaruhi perilaku mereka.
* Everett M. Rogers, Komunikasi adalah proses suatu ide dialihkan dari satu sumber kepada satu atau banyak penerima dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka.
* Carl I. Hovland, Komunikasi adalah suatu proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangan (biasanya dengan menggunakan lambang verbal) untuk merubah perilaku orang lain.
* New Comb, Komunikasi adalah transmisi informasi yang terdiri dari rangsangan diskriminatif dari sumber kepada penerima.
* Bernard Barelson & Garry A. Steiner, Komunikasi adalah proses transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar, grafis, angka, dsb.
* Colin Cherry, Komunikasi adalah proses dimana pihak-pihak saling menggunakan informasi dengan untuk mencapai tujuan bersama dan komunikasi merupakan kaitan hubungan yang ditimbulkan oleh penerus rangsangan dan pembangkitan balasannya.

http://ik.mercubuana-yogya.ac.id/


3 komentar:

  1. mudah kok....
    liat aja khan dibagikan ke 4 orang....
    1
    2
    3
    4 (nah buat sapa aja awardny harus dibagikan ke empat blog ya)

    ny trus kasih backlink yang udagh kasih award ini....
    kamu copy semua tulisan backlink ni dari 1 sampai abis trus dibwahny tambhin yg paling akhir
    mydede's blog (orang yang udah kasih kamu award

    BalasHapus
  2. yaya,....
    tak coba dulu mohon tar dikoreksi ya,...

    BalasHapus
  3. ulfa ntar aku di ajarin yach...

    BalasHapus